Login or Register to make a submission.

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  • Jurnal penelitian belum pernah dipublikasikan sebelumnya dan tidak sedang dalam proses ajuan serta review pada penerbit dan jurnal lain.
  • Jurnal penelitian bukan hasil jiplakan atau plagiat.
  • Jurnal penelitian merupakan hasil penemuan baru atau pengembangan keilmuan yang sudah ada.
  • Senantiasa memperhatikan tata bahasa yang baku berdasarkan Ejaan yang Disempurnakan (EYD) untuk Bahasa Indonesia maupun penulisan dalam tata bahasa Bahasa Inggris.
  • Untuk format penulisan jurnal secara menyeluruh silakan unduh link berikut Format Penulisan Jurnal

Untuk persiapan Pengiriman Artikel, harap diperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Artikel
Harap siapkan artikel Anda dalam bahasa Indonesia. Konsisten dalam pengejaan dan penggunaan di seluruh artikel serta hindari mencampurkan keduanya. Sebelum mengirimkan artikel, sangat disarankan untuk melakukan pengecekan ulang artikel. Hal ini akan membuat waktu pemrosesan submisi artikel Anda lebih menjadi lebih singkat. Jurnal Algoritma menerima pengiriman artikel secara online melalui email ke email: algortima@sttgarut.ac.id

2. Format Artikel
Penulis harus menyerahkan artikel yang telah dipoles dengan hati-hati. Sebelum pengiriman harap pastikan bahwa kertas Anda disiapkan menggunakan Template Jurnal Algoritma (Download Template Disini). Hal ini akan membuat proses publikasi menjadi lebih singkat. Penerimaan atau pemberitahuan penolakan akan dikirim kepada penulis setelah ada keputusan dari dewan editor. Pengajuan harus disertai dengan halaman depan yang menunjukkan nama dan alamat penulis untuk korespondensi (termasuk email), dan ucapan terima kasih (jika terdapat kontribusi pihak luar). Judul harus diletakkan pada halaman pertama artikel agar mempermudah proses peer-review. Oleh karena itu, semua informasi yang mengungkapkan identitas penulis akan dipertimbangkan sebelum artikel dikirim ke dewan reviewer. Artikle harus dikirim dalam Microsoft Word melalui email sebagai lampiran ke alamaat email di atas.

3. Tipe Artikel
Empat jenis artikel dapat dikirimkan:
- Penelitian asli
-Survei / review artikel, memberikan ulasan komprehensif tentang topik ilmiah.
- Tulisan pendek: Artikel pendek dan lengkap tentang penelitian yang sedang berlangsung.
- Catatan Teknis

4. Hak Cipta
Penyerahan artikel menyiratkan: bahwa karya yang diuraikan belum dipublikasikan sebelumnya (kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari kuliah yang diterbitkan, atau tesis), bahwa itu tidak dalam pertimbangan untuk publikasi di tempat lain. Hak cipta untuk artikel dan angka yang diterbitkan dalam jurnal ini dilindungi undang-undang. Ketika artikel diterima untuk publikasi, penulis setuju untuk secara otomatis mentransfer hak cipta ke penerbit.

5. Proses Review
Semua artikel akan ditinjau oleh tim editor dan dewan editorial atau reviewer external yang memenuhi syarat. Keputusan terkait penerimaan dan penolakan artikel akan disampaikan kepada penulis secepat mungkin.

6. Bukti dan Cetak Ulang
Bukti elektronik akan dikirim (sebagai lampiran email) ke penulis berupa file PDF. Bukti halaman online sebagai versi final dari artikel. Dengan pengecualian kesalahan tipografi atau kesalahan administrasi kecil, tidak ada perubahan akan dilakukan dalam artikel pada tahap pembuktian, karena Jurnal Algoritma menerbitkan artikel secara online untuk menarik berbagai audiens, penulis akan memiliki akses elektronik gratis ke teks lengkap (dalam HTML dan PDF) artikel. Penulis dapat dengan bebas mengunduh file PDF yang darinya mereka dapat mencetak salinan artikel mereka yang tidak terbatas.

7. Biaya-biaya
Penulis diharuskan membayar Biaya Publikasi Artikel sebesar Rp.180.000,- (Mahasiswa), Rp.300.000,- Submit dan publish untuk (Peneliti/ Dosen/ Professional) 10 halaman artikel. Tidak ada biaya tambahan untuk gambar berwarna. Jika penulis menghendaki terbitan dalam bentuk jurnal tercetak maka pembiayaan akan dibebankan berdasarkan kesepakatan bersama.