Main Article Content

Abstract

Kepuasan pelanggan merupakan faktor utama yang harus di perhatikan oleh para pelaku usaha, terutama para pelaku wisata industri yang harus meningkatkan promosi sampai ke luar kota. Salah satu yang menjadi faktor kepuasan pelanggan yaitu komunikasi yang dapat menginformasikan dan membuat konsumen menyadari atas keberadaan produk yang ditawarkan. Dengan perkembangan zaman ke era digital media komunikasi yang menghubungkan pelaku usaha wisata industri adalah media sosial. Media ini merupakan salah satu media yang sangat potensial untuk para pelaku usaha menemukan konsumennya serta membangun image tentang merek suatu produk. Maka dari itu tujuan penelitian ini berniat untuk membuat Aplikasi Questions and Answer Sebagai Jembatan Komunikasi Antara Pengelola Wisata Industri dengan Masyarakat yang dapat dipakai masyarakat untuk mencari informasi seputar industri wisata dengan cara bertanya dan menerima jawaban atau melalui chatting langsung dengan Admin. Proses pengembangan aplikasi ini menggunakan Rational Unifield Proses dengan metode Uniefield Modelling Language, sedangkan untuk bahasa pemograman digunakan pemograman Java dan MySQL sebagai basis datanya. Penelitian ini menghasilkan aplikasi QNA pengelola wisata industri yang memungkinkan pengguna untuk bertanya tentang perusahaan yang telah terdaftar terlebih dahulu. Pertanyaan seputar wisata industri dari pengguna. Sistem memberikan jawaban sesuai data yang dimasukan oleh pemilik perusahaan. Sistem memberikan jawaban yang relevan berdasarkan data yang di masukan oleh pemilik perusahaan. Data relevan di peroleh dari hasil query menggunakan kata kunci yang diambil dari pertanyaan sebagai acuanya.

Keywords

Pelaku Wisata, Tanya Jawab, Pusat Informasi, Komunikasi

Article Details

References